Mengembalikan File Hardiks yang Terformat dan Terinstal Operating System Lain

>> Minggu, 16 Mei 2010

Bagi-bagi Pengalaman di Malam Minggu Kelam.
Satu atau Dua bulan lalu tahun ini (2010). Saya lupa tepatnya, yang pasti saat itu malam minggu. Terjadilah sebuah tragedi yang sangat mengerikan. Berawal dari Laptop saya yang terus-terusan error.

Sekedar informasi Laptopku diinstal 2 Operating Sistem, Windows Vista yang merupakan bawaan di drive C dan Windows XP di drive D. Karena Win Vistanya Error terus, singkat cerita buat nyelesain masalah errornya laptop saya install ulang. Inilah awal dari tragedinya. Setelah menunggu sekitar 2 jam. Laptop selesai diistall dengan Win Vista (OS bawaan Laptop). Setelah masuk windows. Ternyata laptop direstore ke kondisi awalnya dengan satu partisi. Singkat kata semua file dalam laptop ikut terformat. Yaaa habislah semua data. Parahnya lagi ada sebagian file file report kantor dilaptop dan belum di backup. Serasa dunia ini kiamat aja. Masalahnya ada foto foto aset hasil survey diluar kota yang ikut terformat.

Setelah lama menenangkan diri. Sambil berharap filenya masih bisa dikembalikan walaupun saat itu saya berpikir kecil kemungkinan. Soalnya Hardiks sudah saya partisi menjadi 4 partisi dan sekarang partisinya sudah terhapus menjadi 1 dan sudah terinstal dengan OS Win Vista.

Akhirnya sekitar jam 10 malam saya coba kewarnet buat tanya tanya om Google. Siapa tau ada solusinya. Setelah browsing sekitar 2 jam akhirnya dapat 3 software untuk restore data. Dari 3 software tersebut tidak ada satu pun yang mempan. Akhirnya dengan sedikit putus asa kembali lagi ke warnet.

Akhirnya dapat juga titik terang. Saya temukan satu software dengan nama Get Data Back setelah searcing di 4sare.com. Setelah diinstall dan menunggu sekitar 4 jam. Akhirnya terjadi keajaiban. Semua data yang tadinya terformat ditampilkan dalam satu root tanpa satupun data yang rusak.


Berikut Cara Kerja Get Data Back:
  1. Instal Get Data Back di Drive atau hardiks lain (bukan yang akan direstore datanya) dalam kasus ini saya mengarahkan filenya ke flasdiks.
  2. Jalankan Get Data Back dan langkah pertama tentukan apa yang menyebabkan data hilang. Ini akan menentukan cara Get Data Back untuk menscan Hardiks.
  3. Pilih Hardiks yang akan dikembalikan datanya.
  4. Lakukan Scan Hardiks. Ini biasanya membutuhkan waktu lama tergantung kapasitas Hardiks. Setelah langkah Ini selesai hasil scan dapat di save (disarankan untuk di save)
  5. Pilih Drive yang akan dibuatkan rootnya. Disini semua file dan folder akan dibaca dan ditampilkan dalam bentuk root.
  6. Usakan memilih drive yang besar kapasitasnya sesuai dengan drive yang terformat.
  7. Dilangkan ini hasil scan juga bisa di save. sehingga bisa diload ulang bila dibutuhkan.
  8. Pilih File atau folder yang akan direstor dan tempatkan di hardiks lain. Jangan di Hardik yang datanya ingin direstor sebab dapat mengakibatkan data tertimpa.
Oke Selamat Mencoba
Catatan: Get data Back mempunyai 2 Versi yaitu NTFS dan FAT
Download Get Data Back di sini

0 komentar:

  © Blogger templates Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP